Sabtu, 06 Maret 2010

BAGAIMANAKAH CARA MENCEGAH KERUSAKAN PADA MUATAN ??

Melindungi muatan merupakan tanggung jawab pihak pengangkut (carrier) terhadap keselamatan muatan berdasarkan from sling to sling / from tackle to tackle atau pada saat muatan tercantol pada alat derek sampai terlepas pada alat derek..
kerusakan muatan dapat terjadi akibat :

1.keringat Kapal akibat perbedaan suhu antara di luar dan di dalam palka kapal sehingga timbul bintik2 air pada dinding kapal.
2.keringat muatan disebabkan oleh suhu dan sifat muatan itu
3.kebocoran dari muatan lain
4.pergeseran dengan kulit kapal
5.pergesekan dengan muatan lainnya
6.penanganan muatan yang tidak baik
7.muatan lainnya(kontaminasi)
8.pemanggasan (spontaneus heating)
9.pencurian atau (pilferage)

Berikut ini merupakan cara mencegah kerusakan muatan yaitu..:
1.PENGGUNAAN DUNNAGE(PENERAPAN )
Dunnage lebih sering dikenal dengan kaki atau ganjel untuk muatan..yang terdiri dari beberapa macam diantaranya :
a.Balok (untuk dibawah muatan)
b.Papan (dipasang diantara muatan)
c.Baji atu segitiga(dpasang pada muatan yang bulat)
d.bamboo mate (bilik)
e.kertas
f.terpaulin(terpal)

manfaat dunnage adalah:-ada rongga antar muatan sehingga terjadi sirkulasi
-Tekanan beban terbagi rata
-tidak menyinggung langsung bagian kapal
-sebagai pemisah muatan.
2.PENGIKAT DAN PENGAMANAN (LASHING AND SECURING)
3.PEMBERIAN VENTILASI
sirkulasi udara pada palka untuk mengurangi keringat
ventilasi ada 2 macam yaitu :a. alami
b.buatan

4.PEMISAHAN MUATAN (sifatnya korosif dapat merusak besi) kotor dan bersih harus
dipisah
5.PERENCANAAN YANG PRIMA

Itulah cara cara atau teknik yang dipakai dalam mencegah terjadinya kerusakan pada muatan ..semoga dapat bermanfaat..

1 komentar:

  1. Kuasailah teknik teknik penanganan dan pengaturan muatan secara baik dan benar. .

    BalasHapus