Sabtu, 20 Maret 2010

KOMPAS DAN SISTEM KEMUDI


1.a. Faktor2 apa sajakah yg dpt mempengaruhi sifat peka pada piringan pedoman ?


Jawab
- Moment magnetis (harus besar)
- Berat piringan (harus ringan)
- Intensitas horizontal (harus besar)
- Ujung jarum semat (harus tajam)
b. Bagaimana sarat2 ketel pedoman yg baik.
Jawab.
- Ketel tdk boleh mengandung magnet .
- Dalam keadaan bagaimanapun ketel pedoman harus bebas mengayun.
- Dlm keadaan diam tutup kaca harus terletak mendatar .
- Semat harus berdiri tepat ditengah2 ketel.
- Ujung semat harus terletak dititik ptg.
- Penggantungan ketel, pedoman pd cincin lenja dan cincin lenja pd rumah pedoman.
- Titik pusat pesawat baring harus terletak tegak lurus diujung semat pedoman .
- Garis layar harus dlm keadaan yg benar/tepat.


2. . Jenis magnetisme kapal manakah yg tdk dapat ditimbal apa alasannya.?

Jawab.
- Magnetisme yg tdk dapat ditimbal adalah magnetisme remanen .
- Alasannya karena sifat magnetismenya sementara. Yaitu lambat datang lambat hilang


3. Apakah yg dimaksud istilah2 sbb.

Jawab:
a. Inertia adalah hukum kelembaban menumjukkan yg tetap di ruang angkasa.
b. Precession adalah apabila poros sebuah gasing yg berputar sangat cepat bekerja suatu kopel maka poros itu tidaklah bergerak kearah kopel, tetapi kesuatu arah yg tegak lurus terhadapnya.
c. Tilling adalah senget keatas atau kebawah dalam bidang vertical.
d. Drifting adalah perubahan dlm bidang datar /azimut.

4. Ditinjau dari konstruksinya, proses manakah yg ditempuh sebuah giroscop, sehingga akhirnya dpt dipakai menjadi kompas/gyro ?(ingatlah : Perubahan bentuk edaran ujung poros gasing diangkasa).

Jawab.
- Resultan semua gaya harus berpangkal di titik berat gasing .
- Ketiga poros(B,DD,dan H ) harus berdiri tegak lurus satu sama lain.
- Ketiga poros tsb. Harus saling memotong dititik berat gasing.
- Sifat2 gasing yg berputar cepat ditentukan oleh hukum2 gasing.

5. a. Jelaskan secara singkat prinsip /teori yg dikembangkan dlm sistim kemudi kapal secara otomatis atau autopilot.
Jawab.

1. Penyimpangan dari haluan yg telah ditentukan memberikan akibat bahwa melalui suatu mekanisme tertentu mesin kemudi akan bekerja. Mesin kemudi memberikan beberapa derajat balasan kemudi sehingga kapal kembali ke haluan yg telah disetel.

2. Melalui apa yg disebut sistim timbal balik putaran kemudi dibalik kembali sehingga jika haluan yg disetel telah tercapai kembali maka kesemuanya berada dlm kedudukan tengah2(kedudukan netral).

b. Jelaskan mengapa pada cuaca buruk saat kapal berlayar, kemudi tidak boleh menggunakan sistim pengemudian otomatis
Jawab :
Karena akan merusak sistim auto pilot dari kemudi itu sendiri disebabkan tekanan ombak yang besar sehingga kapal akan merewang kekanan dan kekiri melebihi batas set up heading yang sudah ditentukan

1 komentar: