MENGENAL LEBIH JAUH MACAM MACAM GELADAK KAPAL(DECK)
BAGAIMANAKAH MACAM-MACAMGELADAK DI BURITAN?
a.Navigation deck(geladak navigasi)
merupakan geladak yang berada di bagian navigasi kapal..sebelum ada GPS(global position system)& alat alat modern lainnya,,dipakai sebagai alat bantu bernavigasi..
b.Bridge deck(anjungan).merupakan geladak yang berada di anjungan kapal.
c.Boat deck merupakan geladak dari alat alat penyelamat seperti sekoci penolong,
d.Main deck(geladak utama) merupakan geladak yg terbentang di spanjang kapal dan merupakan geladak jalan terus
BAGAIMANAKAH MACAM-MACAM GELAGAK DI HALUAN?
a.Forecastle deck
Adalah tempat penyimpanan peralatan labuh jangkar atau ground tackle seperti:
1.mesin jangkar
2.uluk rantai jangkar
3.ground stocker (agar rantai tidak melorot)
4.stoper pengunci
di daerah belakang juga ada jangkar tapi kebanyakan untuk tempat mesin capstain.. dan alat alat sandar,ikat bui yg dipergunakan untuk tali sandar.
5.Plat form (geladak kamar mesin )
Merupakan geladak yang dibuat dengan lobang tujuannya supaya licin kemudian tidak ada genangan minyak (sama seperti tower ada geladak lobang ny juga.)
BAGIAN TIANG KAPAL
JIka suda 500 grt( gross register ton) maka sama dengan 2 tiang depan atau belakang
selisi 6 feet (1,8 m)
1.fore mast (tiang belakang lebih besar daripada tiang depan)
2.Mast head (tiang besar penyangga navigasi ,radar,klakson dsb)
MACAM-MACAM ALAT UNTUK BONGKAR MUAT
1.CRANC / CRANY
2.DERRICK
WIN HOUSE (mast house)
Mereupakan suatu rumah derek yang isinya digunakan sebagai tempat instalasi listrik panel panel listrik dsb.
kemudian bisa juga digunakan sebagai tempat penyimpanan spare part yg bisa berupa tali(kawat baja) atau wireruf
PALKA ATAU RUANG MUAT /HATC/HOLD
Derek 1 melayani palka 1 jenis nya Mc gregos
pon ton : merupakan lembaran daun tutup palka sehingga air tidak akan masuk atau tidak usah memakai terpal lagi
jumlah roda ny ada 16 buah
daun dan daun ny harus ada kuncinya sehingga aman jika terguncang gaya dari luar
GADING-GADING KAPAL
Adakah tempat menempelnya sheer plating atau kulit kapal dengan cara di wilding atau di las gading tidak menggunakan paku keling karena paku keling mempunyai kerugian diantaranya:
1.tidak ekonomis
2.tidak efisien dalam bekerja
TANGGA (LADDER)
TERDIRI DARI 2 MACAM YAITU:
1.Tangga Pipa(Railing pipe)
2.Tangga plate( Bulk wark plate)
A.Accomodation Ladder (gang way)
merupakan tangga lorong yang berhubungan dengan dermaga jika kapal sandar
B.Piloted Ladder
Tangga yang digunakan khusus untuk petugas pandu
APA YANG DI MAKSUD KULIT KAPAL?
Kulit kapal merupakan pembungkus agar kapal menjadi kuat secara melintang ataupun membujur..dengan cara di las tapi dulu di keling atau di paku dan menempel pada gading gading kapal yang berfungsi untuk:
1.Menambah daya apung cadangan
2.Makin panjang kapal makin tebal plat lunas
3.sebagai penambah kekuatan kapal
jadi merupakan bagian yang sangan penting sekali untuk berdirinya sebuah kapal
Sabtu, 27 Februari 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
trus smangat & berkarya dengan bloger nya..
BalasHapuskejar dan raih sesuatu yang paling terbaik..